kaos respect original bandung

Cara Menghilangkan Sablon Baju di Kaos

Jenis sablon kaos

Sablon kaos pada umumnya merupakan media  cetak sebuah gambar yang diterapkan pada objek atau pokok bahan kain bahkan media cetak lainnya, sablon terdapat beberapa karakter atau macam barang seperti

  1. Sablon kain / pakaian
  2. Sablon gelas
  3. Sablon keramik
  4. Sablon plastik
  5. Dan sablon media gallery lainnya

Sablon juga terbagi 2 jenis yaitu sablon manual dan sablon digital. Kedua jenis tersebut juga membutuhkan peralatan yang berbeda , sablon manual membutuh kan beberapa alat sebagai berikut :

Tinta pewarna
Meja afdruk
Obat afdruk
Lem kaos
Printer laser      
Triplek
Rakel
Alat semprotan air
Screen
Hair dryer
Pasta sablon  

Beda hal nya dengan sablon digital yaitu :

  1. Tinta sublime
    2. Transfer paper
    3. Mesin heat press
    4. Mesin printer yang telah di modifikasi dengan sistem tabung yang nantinya berisikan cairan tinta yang khusus untuk sablon

Di lihat dari peralatan dan bahan yang di gunakan, memang lebih sedikit dan simple jika menggunakan teknik sablon digital. Tetapi jika kalian adalah pemula akan lebih baik menggunakan teknik manual saja, karena jika dari kuantitas banyak sablon manual lebih menekan biaya proses yang akan di keluarkan di bandingkan sablon digital.

 

Cara sablon manual

Ada pula 3 langkah singkat tentang cara menyablon menggunakan teknik sablon manual. Yaitu pra cetak, prosses cetak, dan pasca cetak.

Pra cetak
dalam prosses ini ada beberapa langkah, yakni design, pembuatan klise sablon atau film dan proses stencil atau afdruk.

Prosses cetak
pada saat prosses ini yang pertama perlu di lakukan adalah saat teknik sapuan rakel yang baik dan benar. Karena prosses cetak ini benar-benar sangat sederhana yaitu hanya prihal mentransfer tinta ke media cetak dengan menggunakan screen. Makanya perlu juga untuk mempelajari sifat dari tinta yang akan di gunakan sebelumnya.

Karena tiap tinta beda karakteristik, ada juga tinta yang bersifat cepat kering dan itu bisa menjadi penghambat saat proses pencetakan dan harus membersihkan kembali lubang kain saring (screen) yang di akibatkan tersumbat oleh tinta yang kering.

Jadi utuk teknik sablon manual sebaiknya menggunakan jenis tinta plastisol yang memiliki karakteristik tidak cepat kering. Seperti apa yang di gunakan oleh produk dari pusat grosir kaos distro.

Pasca cetak
setelah kedua proses tadi, maka proses yang terakhir adalah pengeringan. Dan langkah-langkah nya adalah,
Drying yaitu waktu yang di butuhkan untuk proses penyempurnaan agar benar-benar kering.

Lalu setelah itu membutuh kan proses yaitu,
Curing yang memerlukan alat tambahan yakni melalui proses pengeringan dengan cara di panaskan dalam tempratur tertentu dengan menggunakan mesin conveyer.  Yang terakhir adalah,
Burning atau bisa di sebut pengopenan .

Nah itu tadi beberapa cara singkat memulai untuk menyablon kaos dengan teknik sablon manual. Ngomong-ngomong soal sablon kaos, biasanya ada yang bertanya-tanya sablon di kaos itu bisa gak sih di hapus , cara menghilangkan sablon nya gimana sih?

Menghilangkan sablon yang ada di kaos

Pernah gak sih kepikiran ingin hilangin sablon gambar yang ada di kaos, ya karena satu dan lain hal atau Cuma pengen coba-coba aja. Sebenrnya sih ada beberapa langkah yang bisa di coba buat ngialngin gambar sablon yang ada di kaos.

Tapi cara dan langkah yang di lakukan juga harus sesuai dengan jenis sablon yang di gunakan di baju karena semuanya mempunyai karakteristrik masing-masing.

Kita ambil saja contohnya jika menggunakan sablon jenis plastisol. Maka cara yang perlu dilakukan untuk menghilangkan sablon yang ada di kaos tersebut adalah.

  1. Ambil sehelai kain berukuran sesuai dengan ukuran sablon yang akan di hapus, rendam kain tersebut sampai benar-benar basah menggunakan cairan M3 atau M4
  2. Kalau sudah basah kemudian di tempelkan di bagian belakang sablon
  3. Tunggu sampai kain cairan itu menyerap lem pada sabon
  4. Lakukan sampai lem pada sablon menghilang dan mulai mengerut
  5. Setelah itu sikat sablon menggunakan sikat cuci atau sikat gigi
  6. Jika sablon sudah terangkat, kamu bisa mencucinya seperti biasa

Silahkan di coba bagi yang ingin menghilangkan sablon yang ada di kaos. Tapi sayang sekali itu tidak berlaku untuk sablon dengan kwalitas yang bagus, salah satunya di pusat grosir kaos distro khususnya brand respect original tidak bisa menghapus sablon pada kaos tersebut dengan mudah. Karena proses sablon yang di lakukan melewati proses yang sempurna dan jenis sablon yang tidak mudah retak maupun pudar.

kaos original respect

Jadi sebaliknya jika ingin mempunyai kaos yang sablonannya awet dan tidak gampang retak ya di pusat grosir kaos distro pusatnya kaos dengan kwalitas distro terjamin.

Tinggalkan komentar