CARA JUALAN KAOS DISTRO

Aktivitas penjualan merupakan pendapatan utama suatu perusahaan karena jika aktivitas penjualan produk maupun jasa tidak dikelola dengan baik maka secara langsung dapat merugikan perusahan. Hal ini dapat di sebabkan karena sasaran penjualan yang diharapkan tidak tercapai dan pendapatan pun akan berkurang

CARA JUALAN KAOS DISTRO

Pengertian penjualan menurut beberapa ahli diantaranya :

Menurut Henry Simamora dalam buku“Akutansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis” menyatakan bahwa : “Penjualan adalah pendapat lazim dalam perusahan dan merupakan jumlah kotor yang dibebankan kepada pelanggan atas barang dan jasa”. (2000:24)  Menurut Chairul marom dalam buku “Sistem Akuntasi Perusahaan Dagang” menyatakan bahwa “Penjualan artinya penjualan barang dagangan sebagai usaha pokok perusahaan yang biasanya secara teratur”. (2000:28) Menurut Rhonda Abrams, menyatakan bahwa“Penjualan merupakan aktivitas yang berinteraksi langsung dengan konsumen untuk memperoleh pesanan atau penjualan barang”.

Berdasarkan pengertian diatas, maka dapat di simpulkan bahwa penjualan adalah persetujuan kedua belah pihak antara penjual dan pembeli, dimana penjual menawarkan suatu produk dengan harapan pembeli dapat menyerahkan sejumlah uang sebagai alat ukur produk tersebut sebesar harga jual yang telah di sepakati.

  1. Bagian–bagian Penjualan

Bagian-bagian penjualan dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu :

  1. Bagian Penjualan

Adalah bagian penjualan menerima surat pesanan dari pihak pembeli dan membuat surat order penjualan atas surat pesanan tersebut.

  1. Bagian Kredit

Adalah atas dasar surat pesanan dari pembeli yang diterima dibagian penjualan, bagian ini memeriksa data kredit pelanggan yang selanjutnya memberikan persetujuan terhadap surat pesanan tersebut dan memeriksanya kebagian gudang.

  1. Bagian Gudang

Adalah bagian gudang yang bertugas untuk menyimpan persediaan barang dagangan yang akan dikirim kepada pembeli.

  1. Bagian Pengiriman

Adalah bagian ini mengeluarkan surat order penjualan dan kemudian membuat nota pengeriman atas barang yang dipesan.

  1. Bagian Penagihan

Bagian ini bertugas untuk membuat faktur penjualan dan kemudian di distribusikan kepada :

  1. Rangka pertama (asli) diberikan kepada pelanggan
  2. Rangka kedua diberikan kepada bagian piuntang
  3. Rangka ketiga diarsipkan berdasarkan nomor urut bersamaan

dengan surat order penjuala

  1. Tujuan Penjualan

Dalam suatu perusahaan kegiatan penjualan adalah kegiatan yang penting, karena dengan adanya kegiatan penjualan tersebut maka akan terbentuk laba yang dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan. seperti cara jualan kaos distro

Tujuan umum penjualan yang di miliki oleh perusahaan menurut Basu Swastha dalam bukunya “Manajemen penjualan” (2005:404) yaitu :

  1. Mencapai volume penjualan tertentu
  2. Mendapat laba tertentu
  3. Menunjang pertubumhan perusahaan

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa tujuan umum peusahaan dalam kegiatan penjualan adalah untuk mencapai volume penjualan, mendapatkan laba yang maksimal dengan model sekecil-kecilnya, dan menunjang pertubuhan suatu perusahaan.

  1. Fatkor-faktor yang Mempengaruhi Penjualan

Aktifitas penjualan banyak perusahaan di pengaruhi oleh factor tertentu yang dapat meningkatkan aktivitas perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan menurut (Doni Gumilar) antara lain :

  1. Kondisi dan kemampuan penjual

Kondisi dan kemampuan terdiri dari pemahaman atas beberapa masalah penting yang berkaitan dengan produk yang dijual, jumlah dan sifat dari tenaga penjual adalah :

  1. Jenis dan karakterisitik barang atau jasa yang di tawarkan
  2. Harga produk atau jasa grosir kaos distro bandung
  3. Syarat penjualan, seperti : pembayaran, pengiriman, dan jasa
  4. Kondisi Pasar

Pasar sebagai kelompok pembelian atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan dan dapat pula mempengaruhi kegiatan penjualannya. Sehingga diharapkan untuk mengikuti apa yang di inginkan pasar.

  1. Modal

Modal atau dana sangat di perlukan dalam rangka untuk mengangkut barang dagangan atau untuk membesarkan usahnya. Sebagai contoh pusat grosir kaos distro, itu adalah agen terbesar di seluruh Indonesia

  1. Kondisi Organisasi Perusahaan

Pada perusahan yang besar, biasanya masalah penjual ini ditangani oleh bagian tersendiri, yaitu bagian penjualan yang di pegang oleh orang-orang yang ahli di bidang penjualan atau marketing. seperti cara jualan kaos distro

  1. Faktor-faktor Lain

Faktor-faktor ini seperti periklanan, pedagangan, kampanye dan pemberian hadiah sering mempengaruhi penjualan karena diharapkan dengan adanya factor-faktor tersebut pembeli akan kembali, membeli lagi barang yang sama.

Leave a Comment